Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Olahraga Saat Puasa Bisa Bikin Haus? Simak Penjelasan Berikut Ini

Olahraga Saat Puasa Bisa Bikin Haus? Simak Penjelasan Berikut Ini

Olahraga saat puasa seringkali ditakuti oleh banyak orang. Sebagian besar tidak ingin mengambil risiko yang bisa saja ditimbulkan sesudah olahraga. Salah satunya ialah rasa haus. 


Dapat dimaklumi jika faktor tersebut akhirnya membuat banyak orang memilih untuk tidak berolahraga selama bulan puasa. Sebab, usai aktivitas fisik cukup intens, tubuh akan kehilangan cairan sehingga cukup sulit untuk segera menggantinya kalau jam berbuka puasa masih jauh. 


Agar tidak terjadi dehidrasi yang berlebih akibat olahraga saat puasa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Ingin tahu seperti apa? Simak penjelasan berikut ini, ya. 


Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Saat Puasa


Turunkan Intensitas Latihan

Menurunkan intensitas latihan selama berpuasa sangat disarankan. Terutama jika olahraga dilakukan pada pagi hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko dehidrasi karena tidak ada asupan cairan yang dapat dikonsumsi setelah selesai berolahraga.


Pilih Waktu Olahraga Jelang Berbuka Puasa

Sebenarnya tidak ada aturan baku kapan harus berolahraga saat puasa. Namun, berolahraga menjelang buka puasa memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya tubuh bisa segera mendapat asupan nutrisi setelah berolahraga. 


Dengan demikian, tubuh menjadi terhidrasi kembali dan tetap segar untuk melaksanakan aktivitas lanjutan. Terkait waktu yang tepat untuk berolahraga selama puasa, kamu dapat klik link berikut ini. 


Baca juga: Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Saat Puasa


Pastikan Tubuh Terhidrasi Dengan Baik

Berpuasa selama lebih dari 12 jam tentu membutuhkan energi yang cukup untuk tetap beraktivitas sepanjang hari. Agar tubuh terhindar dari risiko dehidrasi, pastikan untuk mengonsumsi nutrisi dan cairan yang cukup selama waktu berbuka puasa hingga sahur. 


Minumlah setidaknya 8-12 gelas cairan yang setara dengan 2 liter setiap kali. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan kamu rentan mengalami dehidrasi. 


Setelah mengetahui tips tersebut, jangan khawatir untuk melanjutkan olahraga selama puasa. Terlebih jika sebelumnya kamu sudah rutin berolahraga. Jika belum, maka hendaklah berkonsultasi pada ahlinya untuk mendapatkan program latihan yang sesuai dan aman bagi tubuh. 


Selamat berolahraga. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published