Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

8 Manfaat Olahraga Saat Puasa

8 Manfaat Olahraga Saat Puasa

Banyak orang yang ragu untuk melakukan olahraga saat puasa. Dengan alasan yang bermacam-macam. Mulai dari masalah kesehatan, takut malah dehidrasi dan membatalkan puasa, hingga malas untuk berolahraga. 


Padahal olahraga bisa memberi sejumlah manfaat nyata bagi tubuh. Utamanya dalam meningkatkan kebugaran yang berdampak pada kuatnya badan untuk menahan rasa lapar dan haus selama belasan jam puasa. 


Agar kamu tidak lagi ragu, SUB Jersey akan menjelaskan secara jelas apa saja manfaat olahraga saat puasa yang bisa kamu dapatkan. Simak artikel di bawah ini, ya. 


Menjaga dan Meningkatkan Kebugaran

Olahraga tidak akan membuatmu lemas selama melakukannya dengan benar. Sebaliknya kamu akan merasakan tubuh lebih bugar dan berenergi setelah berolahraga. Selain itu, olahraga bakal mengurangi risiko komplikasi pada saluran pernafasan. 


Baca juga: Jangan Sembarangan, Inilah Aktivitas Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa


Membantu Menangani Masalah Medis Kronis

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis dan serius. Bahkan jika sudah sakit, dapat disembuhkan dengan mengubah pola hidup lebih sehat lewat berolahraga. 


Obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung adalah beberapa penyakit yang mampu ditangani dengan olahraga. Tentunya harus melalui persetujuan dokter terlebih dulu, ya. 


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ini terbukti nyata. Olahraga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih kebal terhadap infeksi atau virus. 


Sebagian besar orang yang rutin berolahraga lebih tahan terhadap gempuran penyakit dibanding mereka yang tidak berolahraga. 


Meningkatkan Daya Tahan Otot

Secara bertahap, olahraga dapat meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot. Kondisi ini akan menghindarkanmu dari kelelahan yang berlebihan. Juga mampu meningkatkan produktivitas sehari-hari. 


Baca juga: Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Saat Puasa


Mencegah Penurunan Fungsi Fisik

Istirahat berkepanjangan dan tidak banyak beraktivitas malah akan memberi dampak buruk berupa penurunan fungsi fisik. Utamanya pada lansia. 


Jika terjadi maka akan menghambat mobilitas dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk tetap berolahraga agar tidak mengalami hal-hal tersebut. 


Mengurangi Rasa Lelah

Olahraga terkesan bakal memberi tubuh rasa lelah. Padahal sebaliknya, dengan berolahraga tubuh menjadi lebih berenergi. Sehingga lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan memungkinkan kamu untuk berkegiatan lebih baik.


Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Boleh atau Tidak, Sih?


Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ketika tubuh dalam kondisi bugar, maka memungkinkan seseorang berpikir dan merencanakan banyak hal dengan lebih baik. 


Kamu tidak akan terus berkutat dalam pikiran 'jam berbuka masih lama' atau 'aduh, badan sudah lemas padahal masih siang' atau 'mau ngapa-ngapain capek karena lagi puasa'. 


Kamu bisa jadi lebih produktif. Dengan demikian, kamu bisa mengerjakan banyak hal yang mungkin selama ini masih tertunda. 


Mengurangi Rasa Stres

Ini bukan bualan semata. Olahraga terbukti mampu membuat orang mengelola stres dengan lebih baik. Sehingga suasana hati selama Ramadhan bisa lebih ceria dan tidak terkesan tersiksa akibat menahan rasa haus dan lapar. 


Itulah delapan manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan. Walau lagi puasa, ada baiknya untuk tetap semangat beraktivitas seperti biasa dibanding hanya tidur-tiduran saja. 


Bagaimana? Apa kamu tertarik mencoba olahraga? Klik link berikut ini untuk mempelajari tips olahraga yang baik dilakukan saat puasa. 


Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim yang menjalankan. 



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published