Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

 

Jangan ngaku trail runner sejati kalau belum mencoba berbagai event trail running secara khusus. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia pun ada banyak sekali pilihan event trail running. Mulai dari yang ringan hingga paling sulit, semua ada di negeri tercinta.

 

Beberapa acara trail running pastinya sudah tidak asing di kalangan para trail runner. Bahkan adapula event trail running yang disebut sebagai ajang naik hajinya para trail runner. Hal itu tidak lepas dari gengsi serta euforia yang begitu tinggi.

 

Meski diselenggarakan di Indonesia, nyatanya selalu ada para pelari asing dari luar negeri yang berpartisipasi. Hal ini dikarenakan beberapa event memiliki daya tarik magis dan misteri yang sayang untuk dilewati.

 

Pastinya kamu penasaran, dong, apa saja event trail running yang diadakan di Bumi Pertiwi. Psstt… Tenang saja. SUB Jersey telah merangkumnya bagi kamu.

 

Inilah deretan event trail running yang wajib untuk kamu ikuti.

 

Coast to Coast Night Ultra 2024

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

kredit foto: Coast to Coast Night Ultra

 

Ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas Trail Runners Yogyakarta. Coast to Coast Night Ultra 2024 akan menjadi race pembuka di awal tahun ini. Edisi tahun ini dipastikan akan diadakan pada 24-25 Februari 2024 mendatang.

 

Seperti judulnya, perlombaan CTC Ultra bakal dimulai malam hari. Jadi pastikan kamu melakukan persiapan dengan sangat baik ketika memutuskan ikut acara yang digelar di Parangtritis Geomaritime Science Park, Kretek, Bantul, Yogyakarta tersebut.

 

CTC Ultra menyediakan beberapa kategori jarak. Mulai dari 80 km, 50 km, 30 km, 15 km, hingga 5 km. Event ini bisa jadi pilihan yang menarik sambil menunggu acara trail running selanjutnya.

 

Baca juga: Paling Sulit Tapi Bergengsi, Inilah Trail Running Event Paling Digemari di Dunia


Merbabu Sky Race 2024

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

kredit foto: Merbabu Sky Race

 

Berlari melalui jalur yang menantang dan beragam, melewati hutan hujan lebat, bebatuan yang menjorok, namun, menawarkan panorama alam yang sangat indah menuju puncak 3145 m. Itulah Merbabu Sky Race.

 

Event ini punya slogan khasnya yaitu ‘Where the Earth Touches the Sky’. Di mana kamu akan diajak seolah bisa menyentuh langit saat mendaki Gunung Merbabu.

 

Merbabu Sky Race akan diselenggarakan pada 27-28 April 2024. Tidak perlu takut kalau kamu masih pemula. Sebab, event ini menyediakan beberapa kategori yang pastinya mengakomodir kemampuan para trail runner.

 

Kategori lomba Merbabu Sky Race yaitu:

50 km dengan elevation gain +5.970 m dan cut off time 24 jam

40 km dengan elevation gain +4.290 m dan cut off time 18 jam

20 km dengan elevation gain +1.830 m dan cut off time 9 jam

10 km dengan elevation gain +810 m dan cut off time 4 jam

5 km dengan elevation gain +170 m dan cut off time 2,5 jam

 

BTR Ultra Bali 2024

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

kredit foto: BTR Ultra

 

Setiap event yang diadakan di Pulau Bali pastilah menarik untuk diikuti. Termasuk Bali Trail Running Ultra. Event ini selalu ramai diikuti oleh para trail runner. Sebagian besar datang dari dalam negeri, tetapi tidak sedikit yang datang dari luar negeri hanya demi ikut event ini.

 

BTR Ultra baru dihelat pada 2020 dengan rutenya sejauh 20 km. Namun, berkat antusiasme yang begitu tinggi dari para trail runner, perlombaan ini pun semakin berkembang. Hingga kini BTR Ultra memiliki beberapa kategori jarak, yakni 7 km, 15 km, 30 km, 55 km, dan 85 km.

 

Peserta akan diajak menikmati keindahan Pulau Dewata dengan cara berbeda. Yakni dengan menjelajah Gunung Batur yang memiliki daya tarik serta tingkat kesulitan yang cukup menantang.

 

BTR Ultra 2024 dipastikan akan digelar pada 10-12 Mei 2024 mendatang. Jadi siapkan dirimu mulai dari sekarang.


Baca juga: Trail Running: Histori, Perlombaan, Hingga Atlet Paling Banyak Memenangkan Race

 

Rinjani 100 Marvelous Trail

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

kredit foto: Rinjani 100

 

Siapapun pasti sudah familiar dengan event yang satu ini. Jika di Amerika ada Western States 100 dan Hardrock 100, di Indonesia punya Rinjani 100.

 

Seperti judulnya, event ini mengharuskan peserta berlari sejauh 100 miles atau 162 km. Tetapi, tenang saja. Rinjani 100 juga menyediakan beberapa kategori jarak yang lebih pendek, yakni 100 km, 60 km, 36 km, dan 27 km.

 

Rinjani 2024 akan digelar pada 24-26 Mei 2024. Pendaftaran acara ini bakal ditutup pada 26 April mendatang. Jadi segera amankan slot kamu, ya. Jangan sampai melewatkan acara yang satu ini.

 

Rinjani 100 disebut-sebut sebagai salah satu event trail running 100 miles terberat di dunia. Pada tahun ini cut off time untuk jarak tertinggi diubah menjadi 55 jam. Artinya kamu punya waktu lebih dari dua hari untuk menyelesaikan tantangan di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

 

Bromo Marathon 2024

Wajib Diikuti, Berikut Jadwal Trail Running di Indonesia 2024

kredit foto: Bromo Marathon

 

Mendaki ke puncak Wonokitri dalam event sepeda Bromo KOM Challenge yang diadakan mainsepeda saja sudah menantang. Apa jadinya kalau menjelajah Gunung Bromo dengan berlari. Pastilah jauh lebih menantang dan seru.

 

Kalau kamu bernyali tinggi, bisa dipertimbangkan untuk ikut Bromo Marathon 2024. Rencananya event ini akan diadakan pada 1 September 2024. Jadi kamu masih punya banyak waktu untuk mempersiapkannya.

 

Setiap tahun, Bromo Marathon sukses menyedot perhatian para trail runner. Tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi pelari asing pun juga banyak yang ikut acara ini. Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak 7 Januari lalu.

 

Bromo Marathon terdiri dari lima kategori jarak. Yakni 42 km, 21 km, 10 km, 5 km, dan 2,5 km. Makanya tidak heran kalau anak-anak pun ada yang ikut event ini. Pada penyelenggaraan tahun lalu, pemenang Bromo Marathon 2023 merupakan pelari anak-anak.

 

Itu tadi beberapa event trail running yang ada di Indonesia. Gimana? Sudah ada race yang bikin kamu penasaran untuk mencobanya? Jadi tunggu apalagi. Segera daftarkan dirimu sekarang. Sebab, slot event-event tersebut terbatas.

 

Eits, tapi jangan lupa satu hal yang penting. Yaitu tetap latihan dan persiapan yang mumpuni. Jangan sampai semangatmu tidak diimbangi dengan latihan yang mumpuni. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published