Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Habibie: EJJ 2024 Jadi Ajang Pemanasan Sebelum Gowes ke Mekkah

Habibie: EJJ 2024 Jadi Ajang Pemanasan Sebelum Gowes ke Mekkah

Setiap cyclist punya alasan tersendiri saat memutuskan berpartisipasi dalam East Java Journey 2024. Seperti halnya dengan sosok Habibie Noor Muhammad. Cyclist asal Malang itu menjadikan EJJ sebagai ajang pemanasan sebelum gowes ke Mekkah pada Juli mendatang. 


Ya. Kamu tidak salah baca. Habibie bakal gowes dari Malang ke tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh dilanjut haji pada April 2025 nanti. 


“Nggak ada yang nggak mungkin. Yang penting punya semangat. Kalau capek tapi punya semangat pasti akan tetap semangat. Apalagi tujuan sebagai orang muslim itu ibadah kepada Allah jadi nggak ada lelahnya,” ujar Habibie sangat yakin. 


Baca juga: Mengaku Khilaf Ikut EJJ 600 Km, Vee Gusti Gagal Finis Karena Kendala Teknis


Kepada SUB Jersey, ia mengaku rencana gowes ke Mekkah ini sudah dipikir dengan matang. Izin dari istri dan keluarga sudah dikantongi. Ia juga telah merencanakan rute yang harus dilaluinya untuk sampai sana. 


Rencananya Habibie akan bersepeda hingga Batam. Lalu menyebrang ke Singapura, lanjut Malaysia, Thailand, dan Laos. Kemudian ia bakal gowes melewati Tiongkok, Bhutan, Nepal, India, Pakistan, Iran, Irak, serta Kuwait. Barulah masuk ke Arab Saudi. 


Jika berangkat pada Juli, ia memperkirakan bakal tiba di sana sekitar Desember. Lalu dilanjut dengan kegiatan umroh sambil mencoba apply visa haji. 


“Sambil menunggu visa, saya bisa gowes dulu ke Turki baru kembali lagi,” katanya. 


Baca juga: Finis Full Senyum, John Boemihardjo Jadi Runner-Up EJJ 1.500 Km Men 40 and Up


Pemilik bisnis online aksesoris wanitia itu menjelaskan jika kegiatan gowes jarak jauh itu membuatnya tenang. Ia memang berjiwa petualang. Melihat tempat-tempat baru, berinteraksi dengan orang-orang baru jadi hobi baru yang dilakoninya sejak 2020 silam. 


Sebelum EJJ, Habibie sudah pernah menjajal terlebih dahulu Three Island Journey 2023. Ia merasa cyclo touring tersebut sangat menantang. Hanya saja kali ini ia memilih menjadi debutan EJJ kategori 600 km dulu. 


“Meskipun ini bukan kompetisi tapi asyik untuk menantang diri sendiri. Saya inginnya dari start sampai finish tanpa tidur. Kecuali kalau ngantuk, ya, tidur bentar,” katanya.


Semangat terus, Om Habibie!! Garis finis menantimu!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published