Shop now to get your free shipping offer. SHOP NOW

Makin Populer! Pengertian Lari Estafet, Jenis, dan Hal-Hal Terkait Estafet

Makin Populer! Pengertian Lari Estafet, Jenis, dan Hal-Hal Terkait Estafet

Lari estafet rupanya menjadi tren baru dikalangan para penghobi lari. Setelah maraknya jumlah pelari yang ikut marathon, kini banyak yang mulai melirik salah satu cabang olahraga atletik tersebut. Untuk variasi agar tidak bosan. 


Bahkan beberapa komunitas lari sengaja bikin event khusus yang hanya mempertandingkan nomor estafet saja. Seperti Lace Up Relay Run yang diadakan oleh Teman Lari di Stadion Jakabring, Palembang pada 18 Februari lalu. 


Baca juga: Lace Up Relay Run Sukses Tarik Minat Ratusan Runners di Palembang


Aksi itu jelas membuat rasa penasaran publik terhadap lari estafet mulai meningkat perlahan. Banyak yang kemudian akhirnya mencoba lari estafet. 


Meski demikian, nyatanya banyak juga yang belum memahami apa itu lari estafet. Tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini SUB akan membantumu memberi informasi secara rinci dan akurat mengenai lari estafet. 


Salah Satu Cabang Olahraga Atletik

Lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga atletik di mana sekelompok pelari bekerja sama untuk memindahkan tongkat dari satu pelari ke pelari lainnya hingga mencapai garis finis. Siapa yang lebih cepat sampai, maka itulah pemenangnya. 


Terdiri dari Empat Pelari

Estafet umumnya melibatkan tim yang terdiri dari empat pelari. Masing-masing pelari akan berlari sebagian dari total jarak yang diperlombakan. Jadi misalnya lomba lari estafet 4x100 meter, maka setiap pelari harus berlari sejauh 100 meter sambil membawa baton stick.


Baca juga: Wajib Diketahui! Ini 5 Mitos dan Fakta Soal Olahraga Lari


Wajib Bawa Baton Stick

Lari estafet seperti halnya sekelompok orang yang sedang berupaya menyelesaikan misi. Misinya ialah mengantarkan tongkat estafet hingga garis finis. 


Kalau kamu pernah menonton lomba lari estafet, baik itu melalui sosial media atau secara langsung, coba perhatikan. Pastilah setiap pelari yang sedang berlari akan membawa tongkat di salah satu tangannya, kemudian mengopernya ke temannya. 


Nah, tongkat estafet itu punya sebutan populer yakni baton stick. Benda tersebut hanya bisa diper dalam area bernama wissel zone (zona pergantian). Itulah yang membuat lari estafet punya tantangan tersendiri.


Setiap tim tidak boleh keluar dari lintasan. Dan untuk menyatukan chemistry agar operan bisa dilakukan dalam jarak dan waktu yang pas, butuh latihan berbulan-bulan bahkan hingga tahunan. 


Baca juga: 8 Cara Ini Bisa Bikin Kegiatan Lari Lebih Menyenangkan


Jenis-Jenis Lari Estafet

Dalam atletik, ada dua nomor lari estafet standar yang sering dipertandingkan. Yaitu estafet 4x100 meter yang mengharuskan masing-masing pelari berlari 100 meter sebelum menyerahkan baton kepada pelari berikutnya.


Lalu estafet 4x400 meter di mana masing-masing pelari berlari 400 meter sebelum menyerahkan baton kepada pelari berikutnya.


Namun, ada juga lari estafet 4x200 meter, 4x800 meter, dan 4x1.500 meter. Hanya saja nomor event ini kurang populer dan jarang sekali dilombakan. 


Kendati demikian, lari estafet punya beberapa variasi. Misalnya estafet medley yang membuat pelarinya berlari dengan jarak yang berbeda-beda. Ada 1.200 m, 400 m, 800 m, dan 1.600 m. Ada pula variasi 400 m, 200 m, 200 m, dan 800 m. Jenis estafet ini kurang umum. 


Biasanya lari estafet yang diadakan oleh sport enthusiast mengalami beberapa penyesuaian. Tidak sesuai standar. Hal tersebut lantaran untuk menyesuaikan dengan kondisi para pelari dan latihannya yang otomatis tidak seperti atlet profesional. 


Kalau kamu apa sudah pernah mencoba lari estafet? Tips paling penting ialah cari tim yang solid. Agar chemistry dapat terbentuk dengan cepat sehingga tidak kesusahan saat oper baton. 


Selamat mencoba!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published